Pada hakekatnya prinsip dasar manajemen mutu pendidikan menurut Hendyat Soetopo, (2007) terletak pada kepuasan pelanggan pendidikan, penekanan pada proses berfungsinya setiap komponen secara sistematik, komitmen personal untuk meningkatkan mutu pendidikan dan akuntabilitas.
Namun secara spesifik berdasarkan pengertian mutu pada bagian pembahasan sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa dalam manajemen peningkatan mutu (MPM) ada beberapa prinsip yang mendasar diantaranya:
(a) peningkatan mutu harus dilaksanakan di sekolah;
(b) peningkatan mutu hanya dapat dilaksanakan dengan adanya kepemimpinan yang baik;
(c) peningkatan mutu harus didasarkan pada data dan fakta baik bersifat kualitatif maupun kuantitatif;
(d) peningkatan mutu harus memperdayakan dan melibatkan semua unsur yang ada di sekolah; dan
(e) peningkatan mutu memiliki tujuan bahwa sekolah dapat memberikan kepuasan kepada siswa, orang tua dan masyarakat.
Selain itu Juran berpendapat, bahwa meraih mutu merupakan proses yang tidak mengenal akhir, perbaikan mutu merupakan proses berkesinambungan, bukan program sekali jalan, mutu memerlukan kepemimpinan dari anggota dewan sekolah dan administrator, pelatihan masal merupakan persyaratan mutu, dan setiap orang di sekolah/madrasah harus mendapatkan pelatihan
Dipublikasikan Oleh:
M. Asrori Ardiansyah, M.Pd
Pendidik di Malang
Sumber:M. Asrori Ardiansyah, M.Pd
Pendidik di Malang
www.kabar-pendidikan.blogspot.com, www.kmp-malang.com
www.arminaperdana.blogspot.com, http://grosirlaptop.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar