No | Jenis Pembinaan | Teknik Supervisi | Tujuan | Kelebihan | Kelemahan |
1 | Kunjungan kelas | Observasi PBM di kelas oleh Penilik, / Kepala Sekolah | Mengetahui cara mengajar guru melaksanakan PBM | Dapat mengetahui kelebihan yang dapat dikembangkan, mengetahui kelemahan untuk perbaikan, memberikan saran sesuai dengan kebutuhan | Guru merasa canggung dan kurang bebas |
2 | Pertemuan Pribadi | Penilik / Kepala Sekolah bertatap muka langsung dengan guru | Bantuan khusus | Berdialog langsung, lebih terarah | Agak sulit menemukan waktu |
3 | Rapat Staf | Sekolah bertatap muka langsung dengan guru | Bantuan Umum | Bantuan diberikan kepada seluruh guru dalam satu kali pertemuan, pertukaran pikiran secara umum | Agak sulit menentukan dan cukup menyita waktu |
4 | Kunjungan antar kelas | Guru dari salah satu kelas mengunjungi kelas lain dalam satu sekolah | Mengetahui cara guru lain dalam KBM dan pengelolaan kelas | Hal-hal yang baik dapat dijadikan contoh, hal yang kurang dapat didiskusikan | Mengganggu kelas lain dalam KBM, kelas sendiri ditinggalkan |
5 | Kunjungan sekolah | Oleh Penilik / Kepala sekolah | Mengetahui keadaan sebenarnya | Dapat memberikan bimbingan aktual | Kurang demokratis |
Dengan pemberitahuan | Guru mengetahui maksud dan tujuan kunjungan | Guru dapat menunjukan hasil usahanya | Tidak mencerminkan keadaan sehari-hari |
Undangan | Guru ingin diketahui kebrhasilannya | Dapat melayani kebutuhan khusus setempat | Perlu penyediaan waktu yang tepat |
6 | Kunjungan antar sekolah | Guru dari sekolah lain dikunjungi oleh suatu sekolah | Mengetahui KBM di sekolah lain serta pengelolaan kelas dan sekolahnya | Dapat mengetahui kelebihan yang dapat dikembangkan, mengetahui kelemahan untuk perbaikan, memberikan saran sesuai dengan kebutuhan | Perlu biaya yang banyak, waktu yang tepat, sekolah jadi kurang efektif. |
Belum ada tanggapan untuk "Teknik Supervisi Pendidikan"
Posting Komentar