Oleh: M. Asrori Ardiansyah, M.Pd
Pendidik di Malang
Ciri-ciri Belajar
Menurut William Burton dalam bukunya Hamalik, ciri-ciri belajar mencakup prinsip sebagai berikut:
1. Proses belajar adalah pengalaman, berbuat, bereaksi, dan melampaui.
2. Proses itu melalui bermacam-macam ragam pengalaman dan mata pelajaran yang berpusat pada tujuan tertentu.
3. Pengalaman belajar secara maksimum bermakna bagi kehidupan siswa.
4. Pengalaman belajar bersumber pada kebutuhan siswa dan tujuan siswa sendiri, yang mendorong motivasi yang kontinue.
5. Proses belajar dan hasil belajar disyarati oleh hereditas dan lingkungan.
6. Proses belajar dan hasil usaha belajar secara materiil dipengaruhi oleh perbedaan-perbedaan individu di kalangan siswa.
7. Proses belajar berlangsung secara efektif apabila pengalaman-pengalaman dan hasil-hasil yang diinginkan disesuaikan dengan kematangan siswa.
8. Proses belajar yang terbaik apabila siswa mengetahui status dan kemajuan.
9. Proses belajar merupakan kesatuan fungsional dan berbagai prosedur.
10. Hasil belajar secara fungsional dan bertalian satu sama lain, tetap dapat didiskusikan secara terpisah.
11. Proses belajar berlangsung secara efektif dibawah bimbingan yang merangsang dan membimbing tanpa tekanan dan paksaan.
12. Hasil belajar, pola-pola perbuatan, nilai-nilai, pengertian, sikap, apresiasi dan keterampilan.
13. Hasil belajar yang diterima oleh siswa apabila memberi kepuasan pada kebutuhannya, berguna bermakna baginya.
14. Hasil belajar dilengkapi dengan jalan serangkaian pengalaman-pengalaman yang dapat dipersamakan dan dengan pertimbangan yang baik.
15. Hasil belajar itu lambat laun disatukan menjadi kepribadian dengan kecepatan yang berbeda-beda.
16. Hasil belajar yang telah dicapai adalah bersifat komplek dan dapat berubah-ubah, tidak sederhana dan statis (Hamalik, 2001:31-32).
Sumber: www.kabar-pendidikan.blogspot.com, www.arminaperdana.blogspot.com, www.kmp-malang.com
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk "Ciri-ciri Belajar"
Posting Komentar