Menurut Ngalim Purwanto personalia dalam suatu organisasi harus memiliki prinsip-prinsip atau cirri-ciri yaitu:
a. Memiliki tujuan yang jelas.
b. Tiap anggota dapat memahami dan menerima tujuan tersebut.
c. Adanya kesatuan arah sehingga dapat menimbulkan kesatuan tindak dan kesatuan pikiran.
d. Adanya kesatuan perintah.
e. Adanya keseimbangan antara wewenang dan tanggung jawab masing-masing anggota.
f. Adanya pembagian tugas atau pekerjaan sesuai dengan kemampuan, keahlian, dan bakat masing-masing, sehingga dapat menimbulkan kerjasama yang harmonis.
g. Adanya jaminan keamanan dalam bekerja.
h. Adanya gaji yang setimpal dengan jasa atau pekerjaan.
i. Garis-garis kekuasaan dan tanggung jawab serta tata kerjanya jelas tergambar dalam struktur organisasi.
Oleh karena itu supaya kegiatan personalia dalam organisasi dapat berjalan lancar, serta personalia dapat bekerja secara efektif maka antara manajer dan bawahan dapat melaksanakan prinsip-prinsip tersebut sesuai dengan jabatan dan kedudukan.
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk "Prinsip-prinsip Personalia dalam Organisasi"
Posting Komentar